100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya'ahowu Nias FestivalBerita Lifestyle WISATA 

100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival

100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival. Sebanyak 100 pelompat batu asal Nias beratraksi dalam pendahuluan Ya’ahowu Nias Festival 2018. Acara itu dimulai secara sah di Lapangan Orurusa,Teluk Dalam,Nias Selatan, Sabtu (17/11). Atraksi lompat batu kolosal ini menjadi momen yang sangat ditunggu untuk para pengunjung yang muncul di Lapangan Orurusa. Atraksi itu juga dilaksanakan setelah adegan tari perang kolosal yang dilaksanakan oleh 600 penari.

Sambutan meriah langsung diserahkan begitu semua pelompat beraksi. Bahkan, semua pengunjung mulai berebut mengabadikan momen tersebut. Suasana menjadi benar-benar meriah kala puluhan pelompat mengerjakan aksinya secara beruntun. Berdasarkan keterangan dari Ketua Panitia Penyelenggara Ya’ahowu Nias Festival Sozanolo Ndruru, atraksi berkelas mesti diserahkan guna mengisi target trafik wisatawan.

100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival

“Kita bangga sebab Ya’ahowu Nias Festival dapat kembali digelar. Dan Nias Selatan diandalkan menjadi tuan rumah. Dan kita pun bangga karena pesta rakyat ini telah masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Dengan sokongan penuh kementerian, kita memutuskan target 3.000 sampai 4.000 wisatawan,” kata Sozanolo, Senin (19/11). Untuk itu, pelbagai agenda pun sudah siap dilangsungkan untuk memanjakan wisatawan yang muncul di Nias. 100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival.

Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, menegaskan Ya’ahowu Nias Festival 2018 tidak saja milik masyarakat Nias Selatan. “Ini bukan pesta eksklusif Nias Selatan. Tapi kesepakatan empat kabupaten dan dan satu kota yang terdapat di Kepulauan Nias. Berarti ini menjadi tanggung jawab bersama. Untuk tersebut kita menyampaikan terima kasih ke kementerian yang telah menolong pelaksanaan event ini,” kata dia. 100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival.

Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival 2018 sendiri dilaksanakan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Ketua Umum PSSI tersebut juga sempat melantunkan suatu lagu usai membuka secara sah festival. Setelah tersebut tampil atraksi kebiasaan dari sekian banyak kabupaten/kota di Pulau Nias. Seperti Nias Selatan, Gunung Sitoli, Nias Barat,dan lainnya. 100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival.

100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya'ahowu Nias Festival

100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani, memuji pengamalan Ya’ahowu Nias Festival 2018 ini. “Seluruh kebiasaan yang terdapat di Pulau Nias disajikan dengan paling baik. Jelas ini menjadi pesona luar biasa bikin wisatawan. Khususnya wisatawan mancanegara. Sebab atraksi kebiasaan seperti ini tidak tidak jarang mereka jumpai di negara mereka,” tuturnya.

Baca Juga : Baiq Nuril, “Mungkin Kalau Saya Mati Sekarang Masuk Surga”

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memuji atraksi kebiasaan yang diperlihatkan dalam Ya’ahowu Nias Festival 2018. “Luar biasa. Budaya yang diperlihatkan lengkap, dari semua kabupaten dan kota di Kepulauan Nias. Apalagi kebiasaan lompat batu juga diperlihatkan secara kolosal. Budaya tersebut semakin dilestarikan semakin menjual. Oleh karena tersebut saya mendukung pekerjaan kegiatan laksana ini,” katanya. 100 Pelompat Batu Warnai Pembukaan Ya’ahowu Nias Festival.

Related posts

Leave a Comment